Home » » Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa

Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa

Written By Unknown on Sabtu, 09 Februari 2013 | 00.25

Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa

Pada tutorial Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10 (bagian 1), kita telah mempelajari tentang bagaimana menggunakan dan mengoptimalkan Opera 10 melalui fiturnya yaitu Opera Turbo dan Opera Link. Kini pada tutorial Optimasi dan Menjelajahi Fitur Browser Opera 10 (bagian 2), kita akan mempelajari salah satu fitur Opera 10 lainnya yang bisa kita optimasi, yaitu Opera Mail.
Opera Mail
Opera Mail
Jika anda belum memiliki Opera 10, silahkan download disini
Opera Mail
Opera Mail adalah fitur yang ada di Opera 10 dimana merupakan sebuah email client yang terpaket menjadi satu dengan browser Opera 10. Ini membuat Opera 10 saat ini menjadi browser komunikasi yang lebih baik daripada browser – browser lainnya. Opera Mail bisa terintegrasi untuk account – account email populer seperti Google, Yahoo, AOL dan yang lainnya.
Cara Mengaktifkan Opera Mail di browser Opera 10 :
A. Bagi Pengguna Gmail
1. Aktifkan POP atau IMAP di account Gmail anda, caranya login ke gmail anda kemudian pilih menu setting -> Forwarding and POP/IMAP -> centang Enable pada POP Download and IMAP Access dan klik save changes
Aktifkan POP atau IMAP Access di Gmail Anda
Aktifkan POP atau IMAP Access di Gmail Anda

2. Buka Opera 10 anda dan klik Tools -> Mail and Chats Account, setelah anda klik maka akan muncul notifikasi untuk create account, klik Ok
Buka Browser Opera 10
Buka Browser Opera 10 klik Tools -> Mail and Chats Account
Pilih Email dan Klik Next
Pilih Email dan Klik Next
3. Pilih Email dan klik Next
Pilih Email dan klik Next
Pilih Email dan klik Next
4. isi data – data yang diperlukan. Real name adalah nama yang akan menjadi nama di form email yang anda kirim nantinya, Email address adalah alamat gmail anda, Organization adalah nama organisasi anda, bisa anda pilih bisa juga tidak. Kemudian klik Next

Isi data - data yang diperlukan
Isi data - data yang diperlukan

5. Masukkan password gmail anda dan centang POP atau IMAP (disarankan IMAP) dan klik Finish
Masukkan Password Gmail anda
Masukkan Password Gmail anda
6. Proses telah selesai, namun untuk memaksimalkan sinkronisasi antara Opera Mail dan Gmail anda via IMAP access, maka masuklah ke Mail -> IMAP Folders, kemudian hilangkan centang di [Gmail]/All , Mail[Gmail]/Spam dan [Gmail]/trash untuk mengurangi akses yang tidak perlu dan mempercepat kerja anda dengan Opera Mail
Pilih Mail
Pilih Mail -> IMAP Folder
Hilangkaan Centang
Hilangkaan Centang yang tidak perlu
B. Bagi Pengguna Yahoo Mail
Bagi pengguna Yahoo Mail gratisan, sayang sekali terjadi problem saat saya akan mengaktifkan POP email, dimana ternyata yahoo mengharuskan kita Upgrade ke Yahoo Mail Plus dengan tarif $19,99 untuk mengaktifkan fitur POP access nya. Jadi bagi anda pengguna Yahoo gratisan, anda belum beruntung :)
Saran saya..beralihlah ke Gmail untuk email utama anda, dan yahoo mail cukup untuk YM saja..Jadi anda tidak perlu membayar $19.99 setahun untuk menikmati POP access dari yahoo, karena Gmail memberikannya secara gratis :). Dengan service Yahoo yang kurang..tidak heran jika Google lah yang menjadi penguasa dunia maya saat ini.
Saran saya Gunakan Gmail daripada bayar 19,99$ per tahun :)
Saran saya Gunakan Gmail daripada bayar 19,99$ per tahun :)
Namun Bagi anda yang sudah menggunakan Yahoo Mail Plus, anda bisa mengaktifkan Opera Mail anda untuk account Yahoo Mail anda dengan cara :
1. login ke email Yahoo anda dan pilih Options -> Mail Options -> pilih POP & Forwarding kemudian aktifkan.
2. Buka Opera 10 anda dan klik Tools -> Mail and Chats Account, setelah anda klik maka akan muncul notifikasi untuk create account, klik Ok
3. Pilih Email dan klik Next
4. isi data – data yang diperlukan. Real name adalah nama yang akan menjadi nama di form email yang anda kirim nantinya, Email address adalah alamat gmail anda, Organization adalah nama organisasi anda, bisa anda pilih bisa juga tidak. Kemudian klik Next
5. Masukkan password Yahoo Mail anda dan pilih Regular E-mail (POP)
Anda juga bisa mengimpor Email dari Email Clients yang lain seperti outlook Express, Thunderbird, Eudora, Netscape mail dsb dengan cara :
1. Pilih Tools -> Mail and Chat Accounts
2. Klik Add dan pilih Import email
3. Pilih Email Client yang akan anda import
4. Piliuh folder dimana pesan anda tersimpan
5. Pilih account yang menjadi tujuan import anda, anda juga bisa membuat account baru
6. atur setting import, contact, message yang ada
7. Klik import untuk mulai mengimport.
Menggunakan Opera Mail memiliki beberapa kelebihan antara lain :
Offline access
Anda tetap bisa membuka dan membaca email saat tidak terkoneksi dengan internet, Opera Mail akan mensinkronisasi account email anda dan komputer anda sehingga email – email anda akan dipindahkan ke hardisk secara otomatis saat anda Online.
Low Bandwidth mode
Opera Mail Didesain khusus untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi atau memiliki koneksi internet yang pas – pasan. Sehingga dengan Opera Mail ada tetap bisa mengakses email dengan nyaman. saat anda mengaktifkan Low Bandwidth mode, maka Opera Mail hanya akan mensinkronisasikan Informasi dan email yang anda butuhkan secara efektif.
Untuk mengaktifkan Low Bandwidth Mode, berikut ini saya bagi tutorialnya :
1. Klik Tools -> Mail and Chat Account
Klik Tools
Klik Tools ->Mail Chat Account
2. Pilih Account
Pilih Account
Pilih Account
3. Pilih Edit -> Account Properties
4. Setelah itu akan keluar sebuah tab, pilih tab Incoming dan tambahkan centang di menu low bandwidth Mode, klik Ok

Beri Centang pada low Bandwidth Mode
Beri Centang pada low Bandwidth Mode

Semua Account Menjadi satu
Anda punya banyak email dengan account yang berbeda – beda? Opera Mail membuat anda tidak perlu login ke masing – masing account untuk melihat email. Semua bisa anda jadikan satu di Opera Mail. Tentu saja ini akan menghemat waktu anda.
Opera Mail bisa anda gunakan untuk account email populer seperti Gmail, Yahoo, AOL dan sebagainya
Smart Spam Filter
Smart spam filter pada Opera 10 akan secara otomatis melakukan blocking spam dan memasukkannya dalam spam box. Smart Spam Filter ini juga akan “belajar dari anda” setiap anda memasukkan email ke dalam spam box. Smart Spam Filter akan mempelajari karakteristik email tersebut dan akan melakukan filter spam di saat – saat berikutnya secara otomatis. Ini juga akan mempercepat kerja anda.
View dan Filter cerdas
Opera Mail hadir dengan View dan Filter yang cerdas yang akan mempelajari karakteristik email yang anda butuhkan dan tidak. View dan Filter cerdas ini akan belajar dari anda saat anda berinteraksi dengan mereka :p
Unread Folder
Opera Mail akan menampilkan email yang belum anda baca. Saat anda sudah membaca, tandai email tersebut bahwa sudah dibaca, maka email tersebut akan disembunyikan dari tampilan inbox. Namun anda tetap bisa mengaksesnya kapanpun anda mau. Hal ini akan membuat anda mudah membaca email yang belum anda baca.
Pencarian email termasuk cepat dan lebih cepat dari client email lainya
Follow atau Ignore Thread dan Contact
dengan fitur ini, anda bisa memilih dan memilah email mana yang anda acuhkan dan mana yang anda ikuti agar anda bisa merespon email tersebut dengan maksimal berdasarkan topik atau orang yang menurut anda lebih penting dan butuh respon maksimal.
Filter Attachments
Fitur ini memungkinkan anda untuk mencari dan melihat file attachment yang anda cari, semisal gmbar, dokumen atau file kompresi dengan spesifik.
Tentu saja Gratis 100% :)
Share this article :

Posting Komentar

Mohon Maaf atas ketidak nyamanan pengunjung blog ini, karena blog masih dalam proses perbaikan.. terima kasih

LOGO IT STITAF

LOGO IT STITAF

LOGO STITAF

Jadwal Sholat Wilayah Lamongan

Translate Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

T.I.K.STITAF. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | WahebAbdellah | STITAF
Copyright © 2013. IT STITAF SIMAN LAMONGAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas OCOM
Proudly powered by Blogger